Setiap bisnis pasti membutuhkan sarana promosi agar bisa dikenal masyarakat, baik bisnis online maupun bisnis offline. Memang untuk bisnis online banyak sarana promosi online gratis yang mudah dilakukan. Tapi bagi banyak orang, sarana promosi online berbayar dianggap lebih mudah dan lebih bisa menjangkau banyak orang. Tapi sejauh mana promosi online yang Anda lakukan itu efektif?
Nah, inilah yang perlu diperhatikan. Sungguh sayang jika Anda sudah mengeluarkan uang banyak tapi tidak efektif alias penghasilan Anda tidak bertambah. Karena itu setiap kegiatan promosi online yang Anda lakukan akan lebih baik jika Anda melakukan penilaian untuk mengukur efektifitasnya. Jika tidak efektif, maka lebih baik Anda alokasikan uang dan waktu Anda untuk jenis promosi online yang lebih efektif.
Bagaimana cara mengukurnya?
Ada banyak cara untuk mengukurnya. Anda bisa menggunakan cara Anda sendiri. Bacalah buku atau cari informasinya di internet. Sebagai contoh yang saya lakukan, untuk situs-situs bisnis online yang menjual produk fisik maupun produk digital, saya suka menanyakan ke pelanggan saya darimana mereka tahu situs saya. Jadi saya tahu promosi online mana yang efektif. Cara lain, setelah saya menerapkan suatu metode promosi, saya akan mengecek peningkatan pengunjung di situs saya dan mengecek peningkatakn penjualan yang terjadi.
Anda bisa mencari cara mengukur efektifitas promosi bisnis online yang paling sesuai dengan bisnis online yang Anda terapkan. Contoh kasus yang saya alami misalnya, saya menganggap situs-situs bisnis online yang saya miliki tidak cocok dipromosikan dengan menggunakan situs PTC (Paid To Click). Kenapa? Karena dari pengalaman saya misalnya, jumlah pengunjung memang meningkat tapi penjualan sama sekali tidak meningkat. Ketika saya coba mencari tahu dan meminta bantuan dari seorang rekan, dia mengatakan bahwa situs saya tidak ada masalah. Halaman penjualan dan lain-lain sudah baik, hanya saja memang pengunjung dari situs PTC tersebut mengunjungi situs saya hanya untuk mendapatkan bayaran dari situs tersebut dari uang iklan yang saya bayarkan ke situs tersebut.
Jadi untuk menilai promosi bisnis online sebelumnya cek terlebih dahulu apakah situs Anda masih banyak kekurangan atau tidak. Jika tidak ada, cek kembali apakah cara promosi online tersebut memang efektif untuk jenis bisnis online yang Anda miliki.
Dari sini juga saya menyadari bahwa promosi bisnis online dengan menggunakan PTC hanya cocok untuk mendatangi pengunjung saja. Jadi lebih cocok untuk Anda yang melakukan jual beli situs atau Anda yang ingin sekedar menambah jumlah pengunjung situs Anda.
Cobalah terapkan informasi yang saya berikan, saya jamin Anda akan bisa menghemat biaya promosi online dan meningkatkan penghasilan Anda dari bisnis online dengan biaya promosi online yang jauh lebih murah.
0 komentar:
Posting Komentar